Rabu, 20 Januari 2010

Treatment for Pregnancy

Dengan bertambahnya usia kehamilan dan semakin membesarnya perut, akan timbul rasa tidak nyaman, baik dari segi fisik maupun penampilan. Pada kondisi ini, wanita hamil dianjurkan untuk tetap merawat dan menjaga kesehatan pribadi. Walaupun rasa malas sering muncul, wanita hamil dianjurkan untuk dapat mengatasinya. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh wanita hamil dalam upaya merawat dan menjaga kesehatan pribadinya.

Memelihara kebersihan pribadi

Selama kehamilan, rambut akan tumbuh lebih cepat, tebal, dan mengkilat sehingga akan tampak berminyak. Untuk mengatasinya, cucilah rambut paling sedikit 2-3 kali seminggu.

Peliharalah gigi secara teratur untuk menghindari terjadinya infeksi di rongga mulut. Infeksi yang terjadi di rongga mulut akan mudah menyebar ke organ yang lainnya. Selain itu, periksalah gigi ke dokter secara teratur dan informasikan bahwa Anda sedang hamil.

Jagalah kebersihan kulit dengan baik. Pada saat mandi, gosoklah kulit secara perlahan untuk menghindari terjadinya kelecetan. Kulit yang lecet sangat mudah terinfeksi oleh kuman- kuman penyakit.

Peliharalah kebersihan payudara. Lakukanlah pengurutan sesuai nasehat dokter/bidan untuk mempersiapkan ASI. Sokong payudara dengan BH yang lebih besar dan cukup menunjang.

Jagalah kesehatan alat kelamin untuk menghindarkan terjadinya infeksi kandungan. Jika kandungan Anda terinfeksi, tentunya akan membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Memilih makanan yang tepat

* Makanlah makanan yang bergizi seimbang dan olahlah makanan secara benar.
* Pilihlah bahan makanan yang segar.
* Hindari penggunaan bahan pengawet dan berwarna.
* Konsumsilah makanan yang diolah matang dan hindari pola makan yang berlebihan.
* Konsumsilah makanan yang cukup mengandung protein, baik hewani maupun nabati dan kurangi makanan yang banyak mengandung garam.

Penggunaan obat-obatan


Pada masa kehamilan (terutama selama triwulan pertama), usahakan untuk tidak menggunakan obat apapun tanpa seizing dokter/ bidan.

Hindari minuman beralkohol dan merokok

Hindari minuman yang mengandung alcohol dan merokok. Secara langsung, hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, yang mengakibatkan kelahiran janin dengan berat badan yang rendah. Lebih parah lagi, kemungkinan besar timbulnya cacat bawaan atau kelainan pertumbuhan dan perkembangan mental dapat terjadi.

Mengatur waktu tidur dan istrahat

Semakin tua usia kehamilan, seseorang wanita lebih cepat merasa letih. Pada kondisi seperti ini, wanita hamil dianjurkan untuk beristrahat secukupnya dan menhindari aktivitas yang berat. Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi.

Usahakan untuk tidur di siang hari selama 1-2 jam dan di malam hari sekitar 8 jam. Pada saat istirahat, pikiran wanita hamil harus setenang mungkin.

Mengatur olah raga dan bekerja

Wanita hamil dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari atau berenang. Jika tidak ada keluhan mengenai kandungan, ikutilah senam hamil secara teratur untuk mendukung pembentukan dan menguatkan otot-otot tubuh. Sesuaikan dengan kondisi jika Anda melakukan pekerjaan sehari-hari.

Kendaraan


Gunakan kendaraan yang aman dan nyaman jika bepergian jauh. Hindari jalan yang buruk agar kandungan tidak terguncang terlalu keras.

Mengatur berat badan

Hindari kenaikan berat badan yang berlebihan karena dapat mempersulit proses persalinan.

Pengobatan

Cegah dan obatilah penyakit infeksi sedini mungkin. Konsultasikan ke dokter segera jika ada keluhan/ kelainan.

Senggama

Batasi sanggama jika terjadi perdarahaan, keluar air, atau kontraksi. Jika tidak ada keluhan atau kelainan, biasanya sanggama aman dilakukan sampai enam atau delapan minggu terakhir sebelum hari taksiran persalinannya.

Memilih dan menggunakan pakaian dan alas kaki

Wanita hamil dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar, mudah dan nyaman dipakai. Hindari penggunaan sepatu atau alas kaki dengan tumit yang tinggi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan (misalnya jatuh atau tergelincir).

Memeriksakan kehamilan


Periksalah kehamilan secara teratur dan ikutilah saran-saran dari dokter / bidan agar proses kehamilan dapat berjalan lancar.

0 comments:

Posting Komentar